Kista Thyroid

Kista Thyroid di Leher Hilang
(Marsudijono)

Kista Thyroid di Leher Hilang (Marsudijono)
Tenggorokan gatal ketika terserang batuk, secara refleks tangan saya memegang leher. Saya merasakan ada benjolan di leher sebelah kanan. Kemudian, saya melakukan pemeriksaan Radiologi pada bulan Desember 2010 di sebuah Rumah Sakit di daerah Cempaka Putih Jakarta.
Hasilnya,terdapat benjolan di leher dengan kesan: Multiple Kista thyroid dextra, bersepta dan klasifikasi (satu buah besar dan 2 buah kecil-kecil) serta kista thyroid sinistra (2 buah kecil-kecil). Oleh dokter ahli bedah di rumah sakit yang sama, dianjurkan untuk operasi.
Walaupun saya termasuk kaum Adam, namun saya juga takut operasi seperti sebagian dari kaum Hawa, apalagi lagi yang mau dioperasi bagian leher. Disamping takut operasi, bekas operasi di leher mudah terlihat orang lain. Malu!!!
Kemudian saya mencari second opinion, dengan harapan tidak dioperasi tetapi mendapat pengobatan saja. Pergilah saya ke dokter sub spesialis yang pratek di sebuah rumah sakit swasta di bilangan Salemba. Saya dibiopsi jarum. Hasil dari laboratorium tidak jelas, multi taksir. Lalu saya tanyakan kepada dokter apa rekomendasinya. ‘setali tiga uang’… OPERASI!!!. Takuuuuut!!!
Tetapi dua minggu kemudian, timbul rasa sakit dari bekas biopsi jarum. Lalu disusul rasa sakit saat menelan. Saya khawatir hal ini menjadi masalah besar. Maka saya kembali ke basic. Setelah sekian lama tidak mengkonsumsi, saya kembali minum Tahitian Noni Juice yang sekarang bernama Morinda. Setelah menghabiskan ¾ liter keadaan membaik. Pelan-pelan rasa sakit untuk menelan hilang. Saya tuntaskan minum satu botol full alias 1 liter. Dan tangan kiri saya berulang kali meraba leher sebelah kanan. Ternyata tangan kiri saya tidak merasakan adanya benjolan. Alhamdulilah.